Pages

Subscribe:

Sabtu, 24 November 2012

Teorema Usaha dan Energi

Teorema Usaha dan Energi adalah sebuah materi dalam pelajaran fisika SMA kelas XI semester 1 yang menurut saya sedikit ganjil. Berikut bunyi teorema usaha dan energi

"Apabila dalam sebuah sistem diberikan sebuah usaha dengan resultan gaya yang tidak tegak lurus dengan arah perpindahan maka usaha yang dilakukan sama dengan perubahan energi kinetik."

Dari keterangan diatas ada yang saya rasa ganjil, yaitu mengapa hanya perubahan energi kinetik?
Bagaimana jika yang ketika saat diberikan sebuah usaha terjadi perubahan energi ke bentuk lain selain energi kinetik?


Sebenarnya teorema usaha dan energi dapat didapatkan dari persamaan-persamaan berikut,
W = F . s
W = m a. s
W = ½ m.2as


Karena Vb2 = Va2 + 2as sehingga 2as = Vb2– Va2 maka,
W = ½ m (Vb2 – Va2)
W = ½ m Vb2 – ½ m Va2
W = D (delta) Ek

Saya mencoba membuktikan Teorema Usaha dan Energi dengan meninjau kejadian apabila perpindahan tidak terjadi hanya pada 1 dimensi. Setelah saya coba dengan menggunakan 

Setelah itu saya mulai berpikir bahwa tidak ada bedanya antara perpindahan dalam 1 dimensi, 2 dimensi dan 3 dimensi. Hal ini karena yang digunakan adalah dot product. Ini berarti cos π sama dengan 0.

 

 Kemudian saya menemukan pemikiran, bahwa Teorema Usaha dan Energi itu benar namun apabila dalam sebuah kerangka sistem yang melibatkan pegas dan gaya gravitasi, hal ini bisa dikatakan kurang tepat. Apabila kita mengakibatkan perpindahan yang segaris kerja dengan gaya gravitasi maka energi potensial benda/sistem pasti akan ikut berubah. Begitu juga apabila melakukan peristiwa itu kepada sistem yang berpegas.

Untuk percobaan bisa menggunakan rancangan ini

  


 

0 komentar:

Posting Komentar