Pages

Subscribe:

Rabu, 26 September 2012

Mungkinkah Partikel Dibiaskan?

Ini sebuah pemikiran yang baru saja saya dapatkan tanpa sengaja. Jadi menurut fisika modern atau biasa disebut fisika kuantum, cahaya memiliki sifat sebagai materi. Lalu ada ilmuwan (saya lupa namanya) yang memberikan pernyataan, jika cahaya adalah gelombang, dan cahaya memiliki sifat materi, maka materi memiliki sifat gelombang. Semacam silogisme.

Dari hal-hal tersebut saya berpikir mengenai sebuah konsep yang belum tahu kebenarannya, mengenai jika cahaya dapat dibiaskan, mungkinkah materi dapat dibiaskan seperti cahaya?

Cahaya memiliki kecepatan yang sangat besar dapat berpindah ruang seperti teleport dalam waktu yang sangat singkat. Menurut fisika klasik jika materi memiliki kecepatan sebesar cahaya butuh gaya yang cukup besar untuk membelokkannya dalam waktu yang singkat. Teleport yang saya maksudkan adalah dibiaskan.


Cahaya terbiaskan karena adanya perbedaan kerapatan medium yang dilaluinya. Sekarang mungkinkah sebuah partikel dengan kecepatan tinggi dapat melewati dua medium yang dilaluinya? Adakah medium seperti itu bagi partikel?

Coba kita amati, biasanya di soal ataupun di dunia nyata peristiwa pembiasan terjadi ketika cahaya dari udara kemudian melewati kaca atau air. Yang menjadi permasalahan utama adalah cahaya dapat menembus air dan kaca, bagaimana dengan partikel?

Itulah mengapa masih ada kata mungkinkah di depan judul ini LOL

0 komentar:

Posting Komentar